Kamis, 28 Februari 2013

IDENTIFIKASI PANTAI KONDANG MERAK



 
Assalamu’alaikum dan selamat ngapaen aja bagi blogger sekalian. Masih dalam suasana pantai, kali ini saya ingin berbagi postingan mengenai sebuah pantai indah di kawasan Kabupaten Malang. Namun kali ini saya tidak membahas mengenai wisata maupun keindahan disana. Kali ini pembahasan sedikit serius yaitu tentang geomorfologi.(semoga kaga’ salah).

Ukee.. selamat menikmati…

Pantai kondang Merak terletak di Kabupaten Malang bagian selatan yang merupakan lahan bentukan karst. Karakteristik umum pantai selatan memiliki gelombang yang besar dan morfologi pantai yang tidak teratur serta mempunyai topografi kasar. Secara umum pantai kondang merak hampir sama dengan pantai – pantai lain yang berada di selatan pulau jawa.
Daerah pantai kondang merak memiliki vegetasi yang bermacam-macam. Daerah yang bervegetasi itu berada di sebagian utara pantai, salah satu vegetasinya yaitu pohon ketapang yang merupakan tipe pohon tahunan dan berwarna hijau, tinggi dan berinbun. Vegetasi ini bisa beradaptasi sehingga bisa hidup. Mintakat yang tidak bervegetasi yaitu daerah pinggir pantai, daerah ini sangat panas banyak tumbuhan yang tidak bisa menyesuaikan diri sehingga tidak tumbuh.
  Proses yang terjadi pada daerah tersebut yaitu adanya gelombang perusak pantai (destruktiv waves), yang mana gelombang perusak pantai ini biasanya mempunyai ketinggan dan kecepatan yang besar (sangat tinggi). Seperti yang terjadi di pantai kondang merak, gelombang perusak pantai  membawa material dan voleume air sangat banyak. Gelombang yang dating kembali menghantam pantai dengan membawa material tadi menuju ke tengah laut atau ke tempat lain. Selain proses di atas ada pula proses erosi, terkikisnya batuan karang yang ada di sana.
http://www.rumahmalangan.com/wp-content/uploads/2012/07/Kondang-Merak-Beach-BIRUNYAPANTAIKONDANGMERAK-600x450.jpg

Proses perkembangan tanah yang ada di daerah pantai kondang merak, tanah di sana bertekstur pasir halus. Proses perkembangan tanahnya tidak terlalu bagus karena banyak proses yang terjadi di daerah kondang merak tersebut, seperti salah satunya adalah proses erosi. Selain itu penggunaan bentuk lahan di daearah sekitart gondang merak antara titik sati dengan titik yang lain berbeda. Hal itu dimungkinkan bisa menyebabkan proses perkembangan tanah di sana berbeda antara titik satu dengan yang lain.

Penggunaaan lahan di kondang merak ada 3, yaitu:
- penggunaan lahan permukiman
- Penggunaan lahan perairan
- penggunaan lahan vegetasi

            Hal tersebut di atas di lihat dari hasil interpretasi citra yang diperoleh dari google earth. Jelas pengaruh yang diberikan oleh penggunaan lahan terhadap dinamika proses yang ada di daerah tersebut. Seperti penggunaan lahan perairan bisa menyebabkan sebagian besar penduduk yang ada di sana bermata pencaharian sebagai nelayan atau penjual ikan laut.

Kenampakan bentuk lahan marine yang ada di Pantai Kondang Merak adalah:
http://www.malang-guidance.com/wp-content/uploads/2012/11/Pantai-Kondang-Merak.jpg
1.       Pelataran Kikisan Gelombang
Yaitu batas gelombang yang menyentuh bibir gelombang yang bentuknya seperti pelataran (datar).
Titik koordinat : 8o23’46” LS dan 112o31’06” BT
Elevasi : 3 m
2.       Pesisir ber-cliff
Titik koordinat : 8o23’44,5” LS dan 112o31’02.33” BT
Elevasi ; 14 m
Pantai bertebing terjal merupakan bentuklahan hasil bentukan erosi marin yang paling banyak terdapat. Bentukan dan roman cliff berbeda satu dengan yang lainnya, karena dipengaruhi oleh struktur batuan, dan jenis batuan serta sifat batuan. Cliff pada batuan beku akan lain dengan cliff pada batuan sedimen.  Pelapisan batuan sedimen misalnya akan berbeda dengan pelapisan yang miring dan pelapisan mendatar.  Sebatas daerah di atas ombak, umumnya tertutup oleh vegatasi, sedangkan bagian bawahnya umumnya berupa singkapan  batuan
3.       Pesisir rawa payau
Titik koordinat : 8o23’43,7” LS dan 112o30’58,4” BT
Elevasi : 15 m
Rawa payau juga mencirikan daerah pantai yang tumbuh atau akresi (accretion).  Proses sedimentasi merupakan penyebab  bertambahnya majunya pantai ke arah laut. Material penyusun umumnya berbutir halus dan medan ini berkembang pada lokasi yang gelombangnya kecil atau terhalang serta dengan kondisi air laut yang relatif dangkal. Karena airnya payau, maka daerah ini kemungkinan untuk pengemabangannya sangat terbatas.   Rawa payau ini pada umumnya ditumbuhi oleh tumbuhan rawa payau seperti bakau, nipah, dan tumbuh-tumbuhan rawa lainnya yang hidup di air payau. Tumbuhan bakau ini dapat berfungsi sebagai pemecah gelombang dan sebagai penghalang pengikisan di pantai, sebaliknya sedimentasi bisa terjadi.  Oleh karena itu pantai mengalami akresi. Peranan bakau di dalam merangsang pertumbuhan pantai terbukti jelas jika bakaunya hilang/mati, ditebang habis, maka yang terjadi adalah sebaliknya yaitu pantai mengalami erosi.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiMEnbnqu8dY8-pcJuFS300pj6r0qDIJX69XQvkw-fgGBAIhqhuERRRQhtZCDAM8m2EVo9yC8rCD5tpb0bseHEs6pq304v-5D8d0wi1TctwfVEHzW7bFJyuMUi2kCWVWZtstzrtMpKfQcJn/s1600/IMG_9893.jpgPada pantai yang mengalami akresi, umumnya terdapat urutan (squence) tumbuhaan yang ada yaitu bakau yang paling depan, dibelakangnya nipah, tumbuhan rawa air tawar/lahan basah. Batas teratas dari bakau adalah setinggi permukaan air pasang maksimum.  Permukaan air pasang tertinggi terjadi pada saat pasang purnama  (pada saat bulan purnama) dan pasang perbani (pada saat bulan gelap/bulan mati).
Di Kondang Merak terdapat dua rawa disebalah kiri dan kanan, yang bermuara ke laut
Di pantai Kondang Merak juga terdapat kenampakan berupa tombolo.
Komposisi material pantainya berupa pasir, kerikil yang merupakan hasil kikisan pelapukan batuan yang berasal dari muara sungai dan kikisan gelombang, selain itu terdapat pasir yang berwarna hitam yang berasal dari kikisan batuan beku oleh gelombang. Hal ini bisa dilihat dari perlapisan atau horizon pasir yang ada di pantai Kondang Merak

1 komentar:

jacsinoakley mengatakan...

How to find the perfect poker room - Mapyro
Find a poker 아산 출장안마 room 과천 출장안마 with the best odds. Compare the 군산 출장안마 best poker room prices 수원 출장마사지 and find the closest poker room in USA for your 밀양 출장샵 next project.

Posting Komentar