Minggu, 24 Februari 2013

Contoh RPP_Atmosfer (Think Pair Share)

 RENCANA PELAKSANAN PEMBELAJARAN (RPP)


      Nama Sekolah                 : SMP Negeri 18 Malang
      Mata Pelajaran                : IPS Geografi
      Kelas/Semester                : VII / 2
Standar Kompetensi        : 4. Memahami usaha manusia untuk mengenali perkembangan lingkungannya
Kompetensi Dasar           : 4.4 Mendeskripsikan gejala-gejala yang terjadi di    
  atmosfer dan hidrosfer serta dampaknya terhadap  
  kehidupan
Indikator                          :    
4.4.1    Mendeskripsikan sifat fisik atmosfer.
4.4.2        Mendeskripsikan variasi suhu dan dampaknya terhadap kehidupan.
4.4.3        Mendeskripsikan bentuk dan jenis hujan serta dampaknya bagi kehidupan.
4.4.4        Menjelaskan proses terjadinya angin dan dampaknya terhadap kehidupan.
4.4.5        Mendeskripsikan dampak iklim terhadap kehidupan.
Alokasi Waktu                  : 4 x 40 Menit 

A.    Tujuan Pembelajaran
Setelah melaksanakan pembelajaran diharapkan siswa dapat:
1.      Menjelaskan sifat-sifat atmosfer.
2.      Menjelaskan perubahan suhu di atmosfer.
3.      Menjelaskan pengaruh perubahan suhu terhadap kehidupan.
4.      Mendeskripsikan jenis-jenis hujan berdasarkan bentuknya (rain, snow, sleet, hail).
5.      Mendeskripsikan jenis-jenis hujan berdasarkan proses terjadinya (konveksi, konvergen, frontal, orografik).
6.      Menjelaskan proses terjadinya angin.
7.      Menjelaskan pengaruh angin bagi kehidupan.
8.      Menjelaskan proses terjadinya angin lokal (gunung, lembah, darat, laut, dan fohn).
9.      Menjelaskan angin muson di Indonesia.
10.  Menjelaskan dampak angin muson bagi wilayah Indonesia.
11.  Mendeskripsikan pengaruh perubahan iklim terhadap kehidupan

B. Materi Pokok (penjelasan terlampir)
Sifat fisik atmosfer
Gejala-gejala yang terdapat di Atmosfer
1.      Perubahan suhu
2.      Hujan
3.      Angin
Pengaruh iklim terhadap kehidupan
1.      Cuaca dan iklim

C.       Model, Sumber, dan Media
Model
  Model pembelajaran     : Think Pair Share(TPS) berbasis berfikir kritis
Sumber
1. Purwanto, Edy. 2011. Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Geografi SMP/MTs Kelas VII. Malang: Lembga Penelitian Universitas Negeri Malang
3. Internet dan sumber bacaan lain.
Media
-          Lembar Kerja Siswa
D.    Langkah Pembelajaran
Pertemuan 1
No
Kegiatan
Waktu
1.
Kegiatan Pendahuluan:
a.    Guru membuka pelajaran dengan salam
b.   Apersepsi :
Guru: “anak-anak, di SMP ini sering kebanjiran ya ?”.
Siswa: “iya bu”
Guru: “ kita tahu banjir ada karena hujan, dan hujan merupakan salah satu gejala yang terjadi di atmosfer, oleh karena itu penting bagi kita untuk mempelajari atmosfer.
c.    Menjelaskan pentingnya materi
“materi atmosfer ini sangat penting untuk dipelajari karena nanti kita akan mempelajari tentang gejala atmosfer berupa hujan, angin,  perubahan suhu udara, dan iklim sehingga kita akan mengetahui proses-proses terjadinya dan akibat yang bisa ditimbulkan dari gejala-gejala atmosfer di atas. Seperti tadi yang sudah saya katakan, banjir ada karena hujan. Hujan ini banyak jenisnya, dan hujan jenis apa yang menyebabkan banjir terjadi di SMP ini beberapa waktu yang lalu?”
d.   Menjelaskan model pembelajaran yang akan digunakan yaitu Think Pair Share (TPS)
pada pembelajaran kita hari ini, kita akan menggunakan model  
   pembelajaran Think Pair Share (TPS). Adapun langkah-langkah
   yang akan kita lakukan yaitu:
1. Think : kerjakan LKS tadi secara individu dan tulis jawaban
kalian pada selembar kertas.
2. Pair: diskusikan jawaban kalian dengan teman sebangku
3. Share: “kita mendiskusikan hasil diskusi dengan teman sebangku tadi di depan kelas, nanti saya akan meminta beberapa orang untuk presentasi jawaban hasil diskusinya di depan kelas. Bagi yang tidak maju diharapkan nanti memberikan pertanyaan, masukan, maupun saran bagi yang maju ke depan.”

1’
      
2’






2’















5’
2.
Kegiatan Inti:
a.    Membagikan Lembar Kerja Siswa (LKS)
b.   Think :  siswa berfikir secara individu untuk mengerjakan.
“ sekarang kerjakan soal-soal pada lembar kerja yang telah kalian terima di selembar kertas.” Pada soal yang terakhir terdapat sebuah artikel yang perlu dianalisis, pahami permasalahannya, cari tahu penyebabnya, dan berikan solusi yang mungkin dari permasalahan yang ada.”
c.    Pair : siswa mendiskusikan jawaban mereka dengan teman sebangkunya.“ diskusikan jawaban kalian dengan teman sebangku kalian, apabila ada perbedaan pendapat, diskusikan kembali, baca literatur, dan cari mana jawaban yang paling benar.”
d.   Share : siswa mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas
“silakan kepada yang ingin mempresentasikan hasil diskusinya untuk maju ke depan kelas.”
e.    Memberi kesempatan siswa lain untuk menanggapi, bertanya, menyanggah, dan memberi saran terhadap presentasi.

2’

  30’



 




10’







  20’
3.
Kegiatan Penutup:
a.  Siswa diberi kesempatan untuk bertanya tentang materi yang telah dipelajari hari ini
b. Siswa bersama guru menyimpulkan materi pelajaran.
c.   Guru menutup pelajaran dengan salam

5’



3’
1’
Pertemuan 2
No
Kegiatan
Waktu
1.
Kegiatan Pendahuluan:
a.   Guru membuka salam dan mengecek kehadiran hingga siswa siap untuk melaksanakan pelajaran.
b.  Mengecek kesiapan siswa untuk mengikuti tes akhir siklus I dengan memberikan beberapa pertanyaan mengenai materi atmosfer.
“ sudah mengerti apa saja ciri-ciri atmosfer, gejala-gejala apa saja yang terjadi di atmosfer, dll.”
c.   Guru menjelaskan aturan melaksanakan tes akhir siklus.
“ tes ini merupakan tes individu, dilarang ada yang mencontek, berdiskusi dengan teman, maupun membuka buku.”


1’



3’





3’
      
2.
Kegiatan Inti:
a. Siswa menerima lembar soal tes akhir  siklus 1
b. Siswa mengerjakan soal tes akhir siklus untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa mengenai materi atmosfer dengan menggunakan model Think Pair Share berbasis berfikir kritis.
c. Siswa mengumpulkan jawaban tes setelah waktu habis.


5’
45’



5’
3.
Kegiatan Penutup:
a.  Guru menugaskan siswa untuk belajar materi tentang Hidrosfer
b. Guru mengakhiri pembelajaran dengan doa dan salam

2’

1’

C.    Penilaian
·         Prosedur Penilaian
1.      Penilaian Hasil
·      Jenis Penilaian
1.      Tes

Instrument dan Kriteria Penilaian 


Ctt: Untuk Materi yg terlampir, nanti akan sy posting kapan-kapan... hehe


0 komentar:

Posting Komentar