RENCANA PELAKSANAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah : SMP Negeri 18 Malang
Mata Pelajaran
: IPS Geografi
Kelas/Semester
: VII / 2
Standar Kompetensi : 4. Memahami usaha
manusia untuk mengenali perkembangan lingkungannya
Kompetensi Dasar : 4.4 Mendeskripsikan
gejala-gejala yang terjadi di
atmosfer dan
hidrosfer serta dampaknya terhadap
kehidupan
Indikator
:
4.4.1 Mendeskripsikan sifat fisik atmosfer.
4.4.1 Mendeskripsikan sifat fisik atmosfer.
4.4.2
Mendeskripsikan variasi suhu dan
dampaknya terhadap kehidupan.
4.4.3
Mendeskripsikan bentuk dan jenis hujan serta dampaknya
bagi kehidupan.
4.4.4
Menjelaskan proses terjadinya
angin dan dampaknya terhadap kehidupan.
4.4.5
Mendeskripsikan
dampak iklim terhadap kehidupan.
Alokasi Waktu : 4 x 40 Menit
A.
Tujuan Pembelajaran
Setelah
melaksanakan
pembelajaran diharapkan siswa dapat:
1.
Menjelaskan
sifat-sifat atmosfer.
2.
Menjelaskan
perubahan suhu di atmosfer.
3.
Menjelaskan
pengaruh perubahan suhu terhadap kehidupan.
4.
Mendeskripsikan jenis-jenis hujan berdasarkan bentuknya (rain,
snow, sleet, hail).
5.
Mendeskripsikan jenis-jenis hujan berdasarkan proses terjadinya
(konveksi, konvergen, frontal, orografik).
6.
Menjelaskan
proses terjadinya angin.
7.
Menjelaskan
pengaruh angin bagi kehidupan.
8.
Menjelaskan
proses terjadinya angin lokal (gunung, lembah, darat, laut, dan fohn).
9.
Menjelaskan
angin muson di Indonesia.
10. Menjelaskan dampak angin muson bagi wilayah
Indonesia.
11. Mendeskripsikan pengaruh
perubahan iklim terhadap kehidupan
B. Materi Pokok (penjelasan terlampir)
Sifat
fisik atmosfer
Gejala-gejala
yang terdapat di Atmosfer
1.
Perubahan suhu
2.
Hujan
3.
Angin
Pengaruh
iklim terhadap kehidupan
1.
Cuaca dan iklim
C.
Model, Sumber, dan Media
Model
Model
pembelajaran : Think Pair Share(TPS) berbasis berfikir kritis
Sumber
1. Purwanto, Edy. 2011. Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Geografi
SMP/MTs Kelas VII. Malang: Lembga Penelitian Universitas Negeri Malang
3. Internet dan sumber bacaan lain.
Media
-
Lembar
Kerja Siswa
D. Langkah
Pembelajaran
Pertemuan
1
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1.
|
Kegiatan Pendahuluan:
a.
Guru
membuka pelajaran dengan salam
b.
Apersepsi
:
Guru: “anak-anak, di SMP ini sering kebanjiran ya ?”.
Siswa: “iya bu”
Guru: “ kita tahu banjir ada karena hujan, dan hujan merupakan salah
satu gejala yang terjadi di atmosfer, oleh karena itu penting bagi kita untuk
mempelajari atmosfer.
c.
Menjelaskan pentingnya materi
“materi atmosfer ini sangat
penting untuk dipelajari karena nanti kita akan mempelajari tentang gejala
atmosfer berupa hujan, angin,
perubahan suhu udara, dan iklim sehingga kita akan mengetahui
proses-proses terjadinya dan akibat yang bisa ditimbulkan dari gejala-gejala
atmosfer di atas. Seperti tadi yang sudah saya katakan, banjir ada karena
hujan. Hujan ini banyak jenisnya, dan hujan jenis apa yang menyebabkan banjir
terjadi di SMP ini beberapa waktu yang lalu?”
d.
Menjelaskan model pembelajaran yang
akan digunakan yaitu Think Pair Share (TPS)
“pada
pembelajaran kita hari ini, kita akan menggunakan model
pembelajaran Think
Pair Share (TPS). Adapun
langkah-langkah
yang akan kita lakukan yaitu:
1. Think : kerjakan LKS tadi
secara individu dan tulis jawaban
kalian pada selembar kertas.
2. Pair: diskusikan jawaban
kalian dengan teman sebangku
3. Share: “kita
mendiskusikan hasil diskusi dengan teman sebangku tadi di depan kelas, nanti
saya akan meminta beberapa orang untuk presentasi jawaban hasil diskusinya di
depan kelas. Bagi yang tidak maju diharapkan nanti memberikan pertanyaan,
masukan, maupun saran bagi yang maju ke depan.”
|
1’
2’
2’
5’
|
2.
|
Kegiatan Inti:
a. Membagikan Lembar Kerja Siswa (LKS)
b. Think : siswa berfikir secara individu untuk
mengerjakan.
“ sekarang kerjakan soal-soal pada lembar kerja yang telah kalian
terima di selembar kertas.” Pada soal yang terakhir terdapat sebuah artikel yang
perlu dianalisis, pahami permasalahannya, cari tahu penyebabnya, dan berikan
solusi yang mungkin dari permasalahan yang ada.”
c. Pair : siswa mendiskusikan
jawaban mereka dengan teman sebangkunya.“ diskusikan jawaban kalian dengan
teman sebangku kalian, apabila ada perbedaan pendapat, diskusikan kembali,
baca literatur, dan cari mana jawaban yang paling benar.”
d. Share : siswa mempresentasikan hasil diskusinya di
depan kelas
“silakan kepada yang ingin mempresentasikan hasil diskusinya untuk
maju ke depan kelas.”
e. Memberi kesempatan siswa lain untuk
menanggapi, bertanya, menyanggah, dan memberi saran terhadap presentasi.
|
2’
30’
10’
20’
|
3.
|
Kegiatan Penutup:
a. Siswa diberi kesempatan untuk bertanya
tentang materi yang telah dipelajari hari ini
b. Siswa bersama guru
menyimpulkan materi pelajaran.
c.
Guru
menutup pelajaran dengan salam
|
5’
3’
1’
|
Pertemuan
2
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1.
|
Kegiatan Pendahuluan:
a.
Guru
membuka salam dan mengecek kehadiran hingga siswa siap
untuk melaksanakan pelajaran.
b. Mengecek kesiapan siswa untuk mengikuti tes akhir siklus I dengan
memberikan beberapa pertanyaan mengenai materi atmosfer.
“ sudah mengerti apa saja ciri-ciri atmosfer,
gejala-gejala apa saja yang terjadi di atmosfer, dll.”
c.
Guru menjelaskan aturan
melaksanakan tes akhir siklus.
“ tes ini merupakan tes individu, dilarang
ada yang mencontek, berdiskusi dengan teman, maupun membuka buku.”
|
1’
3’
3’
|
2.
|
Kegiatan Inti:
a. Siswa menerima lembar soal
tes akhir siklus 1
b. Siswa mengerjakan soal tes akhir siklus untuk mengetahui tingkat
pemahaman siswa mengenai materi atmosfer dengan menggunakan model Think
Pair Share berbasis berfikir
kritis.
c. Siswa mengumpulkan jawaban tes setelah waktu habis.
|
5’
45’
5’
|
3.
|
Kegiatan Penutup:
a. Guru menugaskan siswa untuk belajar materi tentang Hidrosfer
b. Guru mengakhiri pembelajaran dengan doa dan salam
|
2’
1’
|
C. Penilaian
·
Prosedur Penilaian
1.
Penilaian Hasil
·
Jenis Penilaian
1.
Tes
Instrument
dan Kriteria Penilaian
Ctt: Untuk Materi yg terlampir, nanti akan sy posting kapan-kapan... hehe
0 komentar:
Posting Komentar