Kamis, 22 September 2011

BIOMA HUTAN GUGUR


BIOMA HUTAN GUGUR (Deciducus)

Bioma hutan gugur merupakan bioma yang terletak pada kisaran 30 – 40 derajat lintang LU/LS. Bioma hutan gugur terdapat di daerah beriklim sedang yang terdapatdi wilayah Amerika Serikat bagian timur, ujung selatan benua Amerika, Kepulauan Inggris dan Australia.

Ciri-ciri bioma hutan gugur adalah sebagai berikut :
  1. Curah hujan merata antara 750mm – 1.000 mm pertahun
  2. Pohon-pohon memiliki ciri berdaun lebar, hijau pada musim dingin, rontok pada musim panas dan memiliki tajuk yang rapat.
  3. Memiliki musim panas yang hangat dan musim dingin yang tidak terlalu dingin.
  4. Jarak antara pohon satu dengan pohon yang lainnya tidak terlalu rapat/renggang
  5. Jumlah/jenis tumbuhan yang ada relatif sedikit
  6. Memiliki 4 musim, yaitu musim panas-gugur-dingin-semi
FLORA
Beberapa tumbuhan yang terdapat pada bioma hutan gugur antara lain.
1. OAK / EK
Nama ek / Oak sering digunakan sebagai nama dari beberapa ratus spesies pohondan semak dalam genus Quercus dan beberapa genus yang berhubungan, terutama Cylobalanopsis dan Lithocarpus. Genus ini berasal dari belahan bumi utara, dan termasuk spesies peluruh dan hijau abadi yang menyebar dari lintang yang dingin sampai Asia yang tropis dan Amerika. Famili dari tumbuhan ini termasuk dalam Fagaceae. Terdapat 450 spesies di muka bumi ini.

2. MAPLE
Pohon Maple digolongkan pada genus Acer. Pohon Maple juga digolongkan di dalam famili Aceraceae. Terdapat kira –kira 125 spesies kebanyakan terdapat di Asia, tetapi beberapa spesies terdapat di Eropa, Africa utara, dan Amerika Utara. Sejak 25 April 1996, Pohon Maple menjadi lambang Negara Canada.


FAUNA
Fauna yan terdapat di wilayah bioma hutan gugur misalnya Panda (hewan endemik wilayah China), serangga, burung, bajing, anjing, rusa, racoon (sejenis musang/luwak).

1. Racoon
Racoon berukuran sedang, tidak terlalu besar atau pun tidak terlalu kecil. Mamalia Karnivora ini berasal dari Amerika Utara, Tengah, dan Selatan. Racoon hidup pada pohon, atau di sungai kecil yang berada di hutan dekat rumah penduduk. Racoon makan antara lain, unggas, anak tikus, telur burung, macam-macam serangga, ikan, dan kodok. Adakalanya, raccoon memakan kacang dan buah-buahan. Racoon juga hewan yang mempunyai kemampuan berenang yang bagus. Racoon yang berasal dari utara biasanya tidur saat musim dingin di dalam sarangnya yang terdapat di pohon, tetapi raccoon tidaklah berhibernasi. Saat ini, raccoon tersebar hingga Eropa, wilayah Caucasus, dan Jepang.
2. Rusa
Rusa merupakan hewan mamalia pemamah biak. Rusa termasuk hewan herbivora. Rusa termasuk dalam famili Cervidae. Rusa berasal dari Amerika, Eropa, Asia, dan Afrika utara. Populasi terbesar rusa berada di hutan heterogen, ruang terbuka, dan juga rusa dapat hidup di rawa, dan gunung.

KEADAAN ALAM
Keadaan alam pada wilayah bioma hutan gugur sangatlah bervariasi. Hal ini dipengaruhi dengan adanya empat musim yang berada di sana. Menyebabkan kurang bervariasinya tumbuhan atau flora yang ada di bioma tersebut. Karena, hanya tumbuhan yang tahan terhadap empat musim itulah yang dapat bertahan hidup. Tumbuhan yang yang dapat bertahan hidup, bercirikan tiap kali musim panas menggugurkan daunnya, dan berdaun lebar. Sedangkan, adanya empat musim pada bioma ini tidak terlalu berpengaruh terhadap variasi hewan atau fauna. Karena, rata-rata hewan yang berada di bioma ini, melakukan hibernasi saat musim dingin tiba dan bangun saat musim panas tiba. Sehingga hewan tersebut tahan sudah kebal terhadap perbedaan musim yang ektrim tersebut. Dan juga beberapa hewan tidak terlalu kedinginan saat musim dingin dan tidak kepanasan saat musim panas. Karena, hewan tersebut tinggal di hutan yang hangat saat musim dingin dan sejuk saat musim panas.

DOMINASI
Dominasi yang ada pada bioma hutan gugur antara lain:
1. Hutan-hutan dipenuhi oleh pepohonan homogen
2. Tiap kali tiba musim panas, pohon – pohon meranggas
3. Beberapa jenis hewan berhibernasi
4. Hujan yang merata dikarenakan curah hujan yang cukup tinggi
5. Apabila musim hujan, daun-daun menjadi lebat
6. Jenis pohon yang mendominasi bioma ini antara lain Pohon Jati, Pohon Angsana, Pohon Maple, Pohon Cemara, Pohon Oak.
7. Hewan yang mendominasi antara lain Rusa, Babi Hutan, Harimau, dan Racoon.

Pada setiap pergantian musim terdapat beberapa perubahan di bioma hutan gugur:
  1. Saat musim panas pohon-pohon yang tinggi tumbuh dengan daun lebat dan membentuk tudung, tetapi cahaya matahari masih dapat menembus tudung tersebut hingga ke tanah karena daunnya tipis
  2. Saat musim gugur menjelang musim dingin, pancaran energi matahari berkurang, suhu rendah dan air cukup dingin. Oleh karena itu daun-daun menjadi merah dan coklat, kemudian gugur karena tumbuhan sulit mendapatkan air. Daun dan buah-buahan yang gugur kelak kemudian menjadi tumpukan senyawa organik.
  3. Saat musim dingin menjadi salju, tumbuhan menjadi gundul, beberapa jenis hewan mengalami/dalam keadaan hibernasi (tidur panjang pada waktu musim dingin).
  4. Saat musim semi menjelang musim panas, suhu naik, salju mencair, tumbuhan mulai berdaun kembali, tumbuhan semak mulai tumbuh di permukaan tanah, hewan-hewan yang hibernasi mulai aktif kembali.

Perbedaan antara hutan gugur dan hutan musim adalah waktu gugur daunnya.. jika hutan gugur, daunnya gugur saat musim dingin sedangkan hutan musim daunnya gugur saat musim kemarau, contonya di Indonesia

Sumber:

0 komentar:

Posting Komentar